Kamis, 30 Mei 2013

Doa menghadapi ujian

erawal dari pertemuan kami dengan Ibu Yulinar SP[1] dalam bincang-bincang dengan topik yang sedang hangat yaitu ujian nasional. Dalam perbincangan tersebut kami mendapatkan ilmu yang kami yakini sangat bermanfaat bagi diri kami maupun bagi rekan-rekan semua. Doa dan tips ini memang agak terlambat jika dihubungkan dengan ujian nasional akan tetapi doa dan tips ini bisa digunakan juga bagi mereka yang akan tes wawancara atau presentasi atau ujian semesteran dll.
Banyak doa-doa yang bisa kita baca dan pelajari, namun terkadang kita sulit untuk mengamalkannya secara kontinyu (keberlangsungan amalan doa pada waktu dan tempat yang telah disepakati) disebabkan beberapa faktor, yang salah satunya adalah kurang fokusnya kita dalam cara mengamalkan doa tersebut  pada keteraturan serta keseimbangan ritmenya.
Ibu Yulinar SP, hadir di tengah kita, mengajarkan doa yang cukup sederhana dan mudah dipelajari maupun dihafalkan beserta tips dan langkah-langkah dalam mengamalkannya.
Tiada keberhasilan tanpa usaha, oleh sebab itu *belajar dengan baik dan benar* adalah modal utama bagi siapapun yang akan menempuh ujian, baik itu ujian model wawancara, presentasi, ujian sekolah, ujian nasional, ujian masuk perguruan tinggi, ujian semesteran kuliah, dsbnya.
Setelah usaha *_* tersebut ditempuh, kita; sebagai makhluk yang beriman; seyogyanya berdoa kepada Tuhan, memohon agar Allah SWT memberikan kita kemudahan dan kesuksesan dalam menempuh ujian tersebut.
Baiklah, langsung saja kita menuju pembahasan dengan tema :

Doa Menghadapi Ujian Beserta Tipsnya

doa Doa Menghadapi Ujian Dan Cara Mengamalkannya

I. Ketika akan  belajar, baca terlebih dahulu:
  1. Surat al-fatehah 1x/3x/7x
  2. Surat al-ikhlas    3x
  3. Surat al-Falaq     1x
  4. Surat an-Nas       1x
  5. Ayat Kursi           3x
  6. DOA MOHON KEMUDAHAN dalam belajar, yakni:
doa kemudahan 300x46 Doa Menghadapi Ujian Dan Cara Mengamalkannya

ALLAHUMMAJ’AL LII KULLA SYAI”IN SAHLAN LAA SAHLA ILLA MAA JA’ALTAHU SAHLAN
artinya:”Ya Allah, jadikanlah segala sesuatu mudah bagiku, tiada kemudahan kecuali Engkau menjadikannya mudah”
II. Selesai belajar berdoa membaca DOA SYUKUR, yakni:
doa syukur 300x64 Doa Menghadapi Ujian Dan Cara Mengamalkannya
ALHAMDULILLAH, WA SYUKRU LILLAH, TAWAKKALTU ‘ALALLAH, LAA HAU LA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH
artinya: ” Segala puji bagi Allah, Syukur bagi Allah, aku berpasrah diri kepada Allah, Tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah.”
III. Berangkat menuju tempat ujian
  1. Melangkah keluar pintu rumah dengan kaki kanan dengan membaca  DOA SYUKUR seperti di atas.
  2. Sampai di tempat kembali membaca DOA SYUKUR.
  3. Masuk ke ruang tunggu ujian dengan kaki kanan sambil membaca DOA SYUKUR.
  4. Ketika berada di ruang tunggu ujian atau ruang antri wawancara dsbnya, baca:
- Surat al-fatehah 1x/3x/7x
- Surat al-ikhlas    3x
- Surat al-Falaq     1x
- Surat an-Nas       1x
- Ayat Kursi           3x
- DOA MOHON KEMUDAHAN dalam belajar (seperti di atas)
Sembari menungu giliran wawancara/presentasi atau kertas ujian dibagikan, DOA MOHON KEMUDAHAN INI dibaca berulang-ulang dan jangan lagi membuka buku, makalah atau catatan pelajaran yang sudah dipelajari dengan baik dan benar di rumah.
Ketika ujian akan dimulai atau dipanggil untuk wawancara atau mulai presentasi, baca DOA PENERANG HATI:
doa penerang hati Doa Menghadapi Ujian Dan Cara Mengamalkannya
ROBBISYROHLII SHODRII WAYASSIRLII AMRII WAHLUL ‘UQDATAN MILLISAANI YAFQOHU QOWLI
artinya; ” Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan hilangkanlah kekakuan di lidahku (lancarkanlah bicaraku) sehingga mereka memahami perkataanku.” 
IV. Selesai wawancara, presentasi atau ujian, baca DOA SYUKUR seperti di atas.
Demikianlah Doa Menghadapi Ujian Dan beberapa Tipsnya yang bisa kami sampaikan. Semoga tulisan ini berguna dan dapat diamalkan oleh rekan-rekan para pembaca dan pengunjung situs Berbagi Ilmu DIi Dunia Maya; adehumaidi.com
Tidak lupa kami berdoa semoga anda lulus dengan hasil yang baik dan selalu mendapat bimbingan dan taufik dari Allah SWT.
Adapun bagi yang belum lulus atau belum berhasil, semoga diberi kesabaran dan ketawakalan (pasrah diri yang bijak) oleh-Nya dan perlu diingat bahwa “Kegagalan Adalah Kesuksesan Yang Tertunda” dan “Masih Banyak Jalan Menuju Roma.”
Yakinkan diri anda bahwa Tuhan tidak akan menyia-nyiakan usaha dan doa anda, sesuatu tidak akan Dia ciptakan sia-sia, banyak rahasia yang Dia simpan untuk diberikannya pada anda esok hari.
Selamat, semoga sukses selalu. Baca juga Doa Mustajab Sepanjang Masa 

[1] Beliau adalah pencinta dan pemerhati dunia pendidikan. Hingga saat ini dalam usia beliau yang sudah tidak sedikit lagi, Ibu Yulinar SP masih aktif berdakwah dan memberikan bimbingan dan konseling kepada para pengusaha, pegawai, aktivis kampus, kepala rumah tangga, ibu-ibu PKK, para remaja, anak-anak sekolah dsbnya.
Tulisan kami di atas adalah salah satu dari beberapa pengalaman beliau ketika menempuh studi yang sudah beliau tularkan dan ajarkan kepada beberapa orang yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Banyak yang sudah merasakan manfaat doa beserta tip ini.
Doa kami, semoga Ibu Yulinar mendapat balasan yang lebih baik dari Allah SWT, diberi usia panjang yang bermanfaat, kesehatan, dan terus semangat dalam memberikan bimbingan dan arahannya kepada kami dan mereka yang membutuhkan. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar